Haii guys,,,sedikit
cerita nie tentang mata kuliah kewirausahaan kemarin selasa, 19 maret 2013. Nach kali ini kita di ajari bagaimana
stategi penjualan dan yang paling penting adalah ucapan kita sebagai produsen.
Sebelum menginjak strategi penjualan kita membahas sedikit tentang marketing
buzz dan viral message. Marketing buzz (cepat, kilat) ini kita bisa menggunakan
media internet seperti facebook, twitter, friendster dll. Yang kedua viral
message (virus) lebih bisa disebut penggunaan tehnik dengan maksud menggunakan
tehnologi yang ada misalkan saja dengan menggunakan media buku, brosur, web
page, video, and games. Setelah Miss Rahma menjelaskan jenis-jenis marketing
saatnya berlanjut memahami bagaimana strategi penjualan yang pass untuk menarik
konsumennya nanti.
Strategi pemasaran
strategi pemasaran meliputi :
1. Sesuaikan dengan
jenis produk yang ditawarkan
Saat
berjualan sebaiknya produk harus sesuai dengan iklan dan pemasaranya. Ilustrasi
: saat menjual obat diet iklannya pasti wanita langsing bukan wanita kurus apalagi
kalau sampai bintang iklannya pria ataupun waria....hehehe
2. Siapa target
pasar
Target
pasar seperti apasih yang akan kita capai???? Apakah produk obat diet cocok
untuk anak-anak dan pria atau hanya untuk wanita? Target seperti itu lah yang
harus kita sesuaikan dengan produk yang akan di jual
3. Tahu saat tepat
menawarkan barangkan barang
Nacchhh
yang satu ini nie yang paling harus sesuai dengan sikon. Jangan sampai
menawarkan barang saat uang saku atau akhir bulan. Bisa-bisa barang kita ngax
ada yang beli.....hehehhe (fikirran jelekk, jangan ditiru :)) Tapi,ada solusinya koq kita tetep menawarkan barang kepada
mereka dengan sistem hutang. Misalkan saja hari ini ambil barang besok habis
gajian baru bayar.
4. Dapat
berintegrasi offline maupun online advertising
Integrasi offline bisa berupa FTF alias Face to Face,
Integrasi Online bisa berupa CMC alias computer media comunication (facebook, dll)
Setelah menjelaskan beberapa strategi penjualan MIss Rahma berkata "ini adalah strategi penjualan dari pengalaman saya" . Emmhhh, sesaat saya berfikir untuk mengeksplore pemikiran saya untuk bisa seperti Miss Rahma yang mempunyai pengalaman yang gitu banyak yang bisa di bagikan dengan orang lain.
Work of mounth, kekuatan bibirmu kata itulah yang menyadarkan saya dari alam khayalan saya,,, hheemm baru tersadar ternyata perkataan kita dalam berjualan adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuh menarik konsumen.
1. Tradisional
2. Termudah dan termurah
3. Terbukti meningkatkan penjualan
4. Marketing Mind
Di sini dalam memasarkan barang harus mencapai memori seseorang (Deepest level of memory, Geoerge Silverman). Kognisi seseorang dapat menyetir keinginan dan memori kita dalam melakukan sesuatu hal. misalkan saya, Saat kita belanja di matahari udah ad kata diskon 50% pasti kita langsung beli padahal sebenarnya harga asli di tinggikan baru di diskon. belajar dari ini jadi temen-temen kalau lihat diskon yang gedhe jangan langsung beli ya, tapi di fikir dulu matang -matang,,,,:)
Setelah menjelaskan materi yang begitu panjang dan membuat saya berkhayal, Miss Rahma mengadakan sayembara "SALE OF RACE" disini kita dibentuk menjadi 8 kelompok. Dimana kita terdiri dari anak statiktik dan matematika. Dan alhumdllahnya, saya mendapatkan Kelompok 6 yang terdiri dari Tri Puji Utami, REna, Eva Ariyani, Laila Dan saya sendiri (Sriyanti). Setelah di bentuk kelompok Miss rahma menampilkan Slide yang berisi 8 Mitra kita yang harus di pilih saat berjualan. Dari beberapa mitra kelompok kami memilih Mitra Wiby (anak kelas 1 SMA loe. Hebat yach :)). Setelah memilih mitra kami berdiskusi tentang strategi penjualan.
Integrasi Online bisa berupa CMC alias computer media comunication (facebook, dll)
Setelah menjelaskan beberapa strategi penjualan MIss Rahma berkata "ini adalah strategi penjualan dari pengalaman saya" . Emmhhh, sesaat saya berfikir untuk mengeksplore pemikiran saya untuk bisa seperti Miss Rahma yang mempunyai pengalaman yang gitu banyak yang bisa di bagikan dengan orang lain.
Work of mounth, kekuatan bibirmu kata itulah yang menyadarkan saya dari alam khayalan saya,,, hheemm baru tersadar ternyata perkataan kita dalam berjualan adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuh menarik konsumen.
1. Tradisional
2. Termudah dan termurah
3. Terbukti meningkatkan penjualan
4. Marketing Mind
Di sini dalam memasarkan barang harus mencapai memori seseorang (Deepest level of memory, Geoerge Silverman). Kognisi seseorang dapat menyetir keinginan dan memori kita dalam melakukan sesuatu hal. misalkan saya, Saat kita belanja di matahari udah ad kata diskon 50% pasti kita langsung beli padahal sebenarnya harga asli di tinggikan baru di diskon. belajar dari ini jadi temen-temen kalau lihat diskon yang gedhe jangan langsung beli ya, tapi di fikir dulu matang -matang,,,,:)
Setelah menjelaskan materi yang begitu panjang dan membuat saya berkhayal, Miss Rahma mengadakan sayembara "SALE OF RACE" disini kita dibentuk menjadi 8 kelompok. Dimana kita terdiri dari anak statiktik dan matematika. Dan alhumdllahnya, saya mendapatkan Kelompok 6 yang terdiri dari Tri Puji Utami, REna, Eva Ariyani, Laila Dan saya sendiri (Sriyanti). Setelah di bentuk kelompok Miss rahma menampilkan Slide yang berisi 8 Mitra kita yang harus di pilih saat berjualan. Dari beberapa mitra kelompok kami memilih Mitra Wiby (anak kelas 1 SMA loe. Hebat yach :)). Setelah memilih mitra kami berdiskusi tentang strategi penjualan.
Disela-sela diskusi kami berfoto untuk menjadi sampul majalah kewirausahaan dan di ataslah hasil foto sang Juara..... heheheheh
amienn,,
i
0 komentar:
Posting Komentar